Minggu, 30 Oktober 2011

TULISAN 2 : INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

TULISAN :
1.   INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
                    Hubungan  antara 3 tingkatan atau 3 tahap dalam kehidupan manusia ini sangat erat. Dikarenakan oleh adanya keterikatan diantaranya. Sebagai masing-masing individu pastilah kita dilahirkan dalam sebuah keluarga. Karena keluarga adalah kelompok sosial pertama yang kita jumpai sesaat kita terlahir di dunia ini. Meskipun bernama keluarga, pastilah terdapat konflik-konflik di dalamnya. Setiap permasalahan yang ada pasti terdapat jalan keluar yang baik. Tergantung dari masing-masing anggota keluarga dalam  menyikapi dan mengatasinya.
                    Setelah melalui tahap keluarga, kita diharuskan untuk siap terjun ke masyarakat. Apa gunanya????, tentu saja untuk membaur, karena kita adalah makhluk sosial, kita perlu untuk membaur dengan kelompok sosial lainnya selain dalam keluarga.
                    Akan tetapi pada zaman sekarang ini, banyak remaja-remaja baik yang putra maupun yang putri, tidak menganggap penting  dari manfaat berbaur dengan masyarakat, mereka hanya merasa bahwa dengan hanya mereka mempunyai keluarga yang menyayangi mereka, mereka enggan untuk berbaur dengan masyarakat atau kita bisa sebut dalam skala kecil, yakni tetangga. Dengan berbagai alasan para remaja tersebut merasa cukup dengan hanya mempunyai keluarga. Maksud di sini adalah tidak mengkesampingkan peran utama dari sebuah keluarga itu sendiri, akan tetapi peran masyarakat sekitar juga turut andil dalam hal ini.
                     Banyak faktor yang menyebabkan para remaja zaman sekarang ini merasa engan untuk berbaur dengan masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah efek dari globalisasi dan efek modernisasi. Kita sendiri tidak dapat memungkiri bahwa globalisasi dan modernisasi telah memudahkan kehidupan manusia dari berbagai aspek. Modernisasi dan globalisasi telah banyak membawa efek positif dalam sejarah kehidupan manusia sampai saat ini. Akan tetapi, semua hal pastilah akan ada efek positif dan efek negatif. Dan efek dari modernisasi dan globalisasi tidah hanya positif saja melainkan efek negatif yang ditimbulkan juga tidak kalah banyak dengan efek positifnya.
   Salah satu efek negatifnya adalah, mari kita ambil satu contoh, yaitu modernisasi dari game-game atau permainan-permainan yang berkembang pesat hampir setiap hari, mulai dari  PLAYSTATION (PS) 1, PS 2, sampai PS 3. Contoh seperti inilah yang membuat remaja-remaja saat ini merasa enggan untuk membaur dengan masyarakat sekitarnya. Mereka terlalu sibuk bermain permainan-permainan zaman sekarang yang menyita waktu dan hampir bisa kita sebut permainan yang tidak ada batasnya.

NAMA      :      ADI TRI HARTANTO
KELAS     :      1KA39
NPM        :       10111183



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu