Minggu, 30 Oktober 2011

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

TUGAS :
1.   INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
Pada dasarnya, manusia adalah makhluk social. Makhluk dimana dia tidak dapat hidup seorang diri. Makhluk  yang memerlukan orang lain untuk hidup. Manusia mempunyai naluri yang dapat digunakan untuk  bisa selalu hidup dan berhubungan dengan orang lain, naluri tersebut dinamakan  “gregariousness” dan  karena itu manusia disebut mahluk sosial. Dengan adanya naluri ini, manusia mengembangkan pengetahuannya untuk mengatasi kehidupannya dan memberi makna kepada kehidupannya, sehingga timbul apa yang kita kenal sebagai kebudayaan yaitu sistem terintegrasi dari perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK INDIVIDU
                    Kata Individu berasal dari kata latin “ Individuum” yang berarti yang tidak terbagi, maka dari itu sebutan individu menyatakan bagian yang terkicil dan terbatas.  Dalam pandangan psikologis, individu hanya mengikuti apa yang ada pada dirinya, dan bukan mengikuti perilaku umum.
PERTUMBUHAN INDIVIDU
               Perkembangan manusia yang wajar dan normal harus melalui proses pertumbuhan dan perkembangan lahir batin. Dalam arti bahwa individu atau pribadi manusia merupakan keselurhan jiwa raga yang mempunyai cirri-ciri khas tersendiri. Walaupun terdapat perbedaan pendapat diantara para ahli, namun diakui bahwa pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju kearah yang lebih maju, lebih dewasa. Timbul berbagai pendapat dari berbagai aliran mengenai pertumbuhan. Menurut para ahli yang menganut aliran asosiasi berpendapat, bahwa pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi. Pada proses asosiasi yang primer adalah bagian-bagian. Bagian-bagian yang ada lebih dahulu, sedangkan keseluruhan ada pada kemudian. Bagian-bagian ini terikat satu sama lain menjadi keseluruhan asosiasi. Dapat disimpulkan bahwa asosiasi adalah terjadinya perubahan tahap demi tahap yang dikarenakan hubungan timbal balik dari suatu pengalaman yang melalui pancaindera.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan:
  1. Pendirian Nativistik. Menurut para ahli dari golongan ini berpendapat bahwa pertumbuhan itu semata-mata ditentukan oleh factor-faktor yang dibawa sejak lahir
  2. Pendirian Empiristik dan environmentalistik. Pendirian ini berlawanan dengan pendapat nativistik, mereka menganggap bahwa pertumbuhan individu semata-nmata tergantung pada lingkungan sedang dasar tidak berperan sama sekali.
  3. Pendirian konvergensi dan interaksionisme. Aliran ini berpendapat bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.

KELUARGA DAN FUNGSINYA DIDALAM KEHIDUPAN MANUSIA
                    Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Kelompok ini dalam hubungannya dengan perkembangan individu sering dikenal dengan sebutan primary group. Kelompok inilah yang melahrikan individu dengan berbgai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat. Keluarga mempunyai 4 karakteristik yang memberi kejelasan tentang konsep keluarga .
1.       Keluarga terdiri dari orang-orang yang bersatu karena ikatan perkawinan, darah atau adopsi. Yang mengiakt suami dan istri adalah perkawinan, yang mempersatukan orang tua dan anak-anak adalah hubungan darah (umumnya) dan kadang-karang adopsi.
2.       para anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama-sama dalam satu rumah dan mereka membentuk sautu rumah tangga (household), kadang-kadang satu rumah tangga itu hanya terdiri dari suami istri tanpa anak-anak, atau dengan satu atau dua anak saja
3.       Keluarga itu merupakan satu kesatuan orang-orang  yang berinteraksi dan saling berkomunikasi, yang memainkan peran suami dan istri, bapak dan ibu, anak laki-laki dan anak perempuan
4.       Keluarga itu mempertahankan suatu kebudayaan bersama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas.

Penjelasannya adalah, ketika mannusia terlahir, manusia sebagai Individu, kemudian keluarga, dan kemudian seseorang akan siap untuk terjun ke masyarakat.

NAMA     :     ADI TRI HARTANTO
KELAS    :     1KA39
NPM        :     10111183

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu