Jumat, 05 Oktober 2012

HUBUNGAN MANAJEMEN, ORGANISASI, DAN TATA KERJA


Organisasi dapat diartikan sebagai tempat orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yan gtelah mereka sepakati bersama-sama. Di dalam sebuah organisasi terdapat manajemen yang berfungsi sebagai pekerjaan mengelola kegiatan-kegiatan yang terjadi di dalam sebuah organisasi tersebut.  Sedangkan Tata Kerja atau yang lebih serring dikenal sebagai metode adalah suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga proses dari kegiatan sebuah manajemen dalam sebuah organisasi dapat terlaksana dengan cepat dan tepat. Dapat kita tarik kesimpulan awal dari hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja adalah sebagai berikut ini :
-          Manajemen, adalah sebuah proses kegiatan pencapaian suatu tujuan bersama melalui kerjasama antar anggota dari sebiah organisasi.
-          Organisasi, adalah alat bagi tercapainya sebuah tujuan dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
-          Tata kerja, adalah pola atau pattern tentang cara-cara kegiatan dan kerja sama dalam sebuah organisasi harus dilaksanakan yang mengakibatkan tercapainya sebuah tujuan dengan efektif dan efisien.
Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwasanya antara manajemen, organisasi dan tata kerja adalah tiga hal yang mengarah pada tercapainya sebuah tujuan.
Terdapat berbagai macam pendangan umum mengenai organisasi yaitu sebagai berikut :
Organisasi sebagai Wadah : organisasi berperan sebagai tempat kegiatan manajemen dijalankan.
Organisasi sebagai Proses : organisasi berperan sebagai interaksi atau kerja sama antar anggota dari organisasi tersebut.
Organisasi sebagai Sistem : organisasi berperan sebagai  sistem sosial antar sesama manusia, sebagai sistem fungsional antar berbagai fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral untuk tercapainya suatu tujuan, dan sebagai sistem komunikasi arus informasi dalam sebuah organisasi.

Ciri-ciri dari sebuah organisasi:
1.      Terdiri dari dua orang atau lebih.
Maksudnya adalah, dalam sebuah organisasi atau bagi yang baru ingin membuat sebuah organisasi haruslah memiliki atau mengumpulkan banyak orang, terdiri dari dua orang atau bahkan bisa lebih. Jika dalam sebuah organisasi hanya memiliki satu orang saja, maka hal itu sangat tidak pantas untuk disebut sebagai sebuah organisasi.
2.      Adanya kerja sama.
Maksudnya adalah, dalam sebuah organisasi harus terjadi kerja sama, kenapa saya bilang harus? Karena organisasi terdiri dari banyak orang, dan tentunya jika hanya seorang saja yang ada di dalam organisasi tersebut tidak dapat berbuat apa-apa dan tidak ada yang membantu, maka jangan sebut hal itu dengan sebuah organisasi.
3.      Adanya komunikasi antar satu orang anggota dengan anggota lainnya.
Maksudnya adalah, seperti yang sudah dijelaskan di nomor 2 sebelumnya, dalam sebuah organisasi sudah selayaknya terdapat kerja sama dan kerja sama yang tercipta dalam organisasi tersebut bisa dikatakan sebagai komunikasi, dan komunikasi terbagi dalam komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.
4.      Adanya tujuan yang ingin dicapai.
Maksudnya adalah, maksud dari didirikannya atau dideklarasikannya sebuah organisasi adalah adanya tujuan yang ingin dicapai bersama-sama. Jika tidak ada tujuan yang ingin dicapai, maka untuk apa mendirikan sebuah organisasi?
Fungsi Manajemen :
1.      Perencanaan atau Planning.
Tujuan dari fungsi ini adalah untuk mengoptimalkan hasil akhir atau dalam artian adalah mengoptimalkan tujuan yang ingin dicapai bersama-sama.
2.      Pengorganisasian atau Orginazing.
Tujuan dari fungsi ini adalah untuk membagi-bagi tugas atau kerja yang akan dilakukan oleh anggota-anggota dalam sebuah organisasi agar sesuai dengan tanggung jawab atau bagiannya masing-masing.


3.      Pengarahan atau Directing.
Tujuan dari fungsi ini adalah untuk mengarahkan atau mengatur proses kerja yang sedang berjalan agar sesuai dengan rencana awal atau sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
+ Hubungan antara Manajemen dan Organisasi, manajemen sebagai proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia, hal tersebut mengandung artian yang saling berhubungan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka sangat diperlukan kerja sama yang efisien sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagia alat dari berjalannya suatu manajemen.
+ Hubungan antara Manajemen dan Tata Kerja, tata kerja merupakan suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia bisa atau dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat terlaksana tepat sasaran.    


sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu