Jumat, 05 Oktober 2012

PENGERTIAN ORGANISASI


Terdapat banyak teori mengenai arti dari organisasi, diantarannya dikemukakan oleh beberapa tokoh sebagai berikut :
1. Menurut Stoner, organisasi mempunyai arti suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer dalam mencapai tujuan bersama.
2. Menurut James D. Mooney, organisasi mempunyai arti bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Menurut Chester I. Bernard, organisasi menpunyai arti suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Pada intinya, organisasi adalah wadah, tempat atau sarana untuk berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, yang kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuan yang akan mereka capai.  Sudah menjadi dasar dari manusia yang berperan sebagai makhluk sosial, manusia sudah pasti memerlukan bantuan dari orang lain apapun itu bentuknya.  Tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang hidup seorang diri, manusia perlu orang lain untuk menjalani hidupnya.
Dari alasan tersebut dapat disimpulkan bahwa manusia yang pada dasarnya tidak dapat hidup seorang diri, maka mereka dalam arti manusia kerap berkumpul dan membentuk kelompok yang disebut organisasi. Contoh dasar dari organisasi adalah kerajaan, negara, perusahaan dan keluarga. Keluarga merupakan organisasi terkecil yang pertama kali dikenal oleh manusia sejak mereka lahir ke dunia. Tidak hanya contoh-contoh organisasi di atas yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa, organisasi kejahatan pun intinya pada dasarnya merupakan sebuah organisasi karena mereka berkumpul bersama-sama dan mempunyai tujuan yang sama pula.
Terdapat banyak motivasi atau hal-hal yang mendorong seseorang untuk masuk atau bergabung dengan sebuah organisasi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Organisasi sering digunakan untuk memecahkan masalah-masalah.  Maksudnya adalah, dalam sebuah organiasasi terdapat beberapa masalah yang timbul baik itu dari dalam maupun dari luar organisasi tersebut, nah, jika yang namanya organisasi sudah pasti terdapat beberapa orang di dalamnya, dengan mendiskusikannya atau bertukar pendapat antar sesama angota organisasi tersebut semua permasalahan-permasalahan yang ada akan terpecahkan.
2. Organisasi dapat  mencegah kesepian dan kerenggangan. Maksudnya adalah, manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan orang lain di alam hidupnya, termasuk untuk mengusir rasa sepi yang menyerang manusia tersebut. Jika manusia berkumpul atau membentuk sebuah organisasi, maka mereka tidak akan pernah kesepian karena terdapat banyak orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam organisasi tersebut.
3. Organisasi dapat memberikan bantuan pada saat kesusahan atau memiliki masalah. Maksudnya adalah, dalam organisasi terdapat orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dan sudah tentu  sebagai manusia tidak pernah lepas dari dari kesusahan atau masalah. Biasanya, dalam organisasi terdapat sebuah sistem yang disebut dengan iuran, yaitu uang yang dikumpulkan oleh masing-masing anggota dari organisasi itu sendiri dan iuran bisa diadakan harian, mingguan, atau bahkan bulanan.  Tujuan dari diadakannya iuran tersebut adalah untuk pengelolaan dari organisasi itu sendiri atau bisa digunakan untuk membantu anggota yang sedang mengalami masalah khususnya masalah keuangan.  
KOMPONEN ORGANISASI
Terdapat beberapa komponen atau bagian-bagian yang membentuk sebuah organisasi , diantaranya adalah :
1. Tujuan. Merupakan motivasi, sasaran, maksud, tujuan, atau misi yang akan dicapai dalam rentang waktu tertentu diantaranya adalah tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah, dan tujuan jangka panjang.
2. Struktur. Merupakan susunan dari komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam sebuah organisasi.  Struktur organisasi menunjukkan keberadaan pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda diintegrasikan atau dikordinasikan. Struktur organisasi sangatlah penting untuk dapat dimengerti oleh semua komponen untuk menciptakan sistem kerja yang efisien dan efektif. Disamping itu, struktur organsiasi juga menggambarkan hubungan organisasi secara internal maupun eksternal.
3. Sistem. Merupakan peraturan-peraturan yang merefleksikan kepentingan-kepentingan organisasi. Sistem  pada organisasi dapat berupa anggaran dasar, anggaran rumah tangga, peraturan khusus, prosedur dan peraturan-peraturan lainnya.  Sistem dari sebuah organisasi terbagi dalam beberapa komponen penyusun yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu : 
- Input
- Proses
-Output
- Feedback         

sumber : http://www.anneahira.com/pengertian-organisasi.htm   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu