Senin, 30 April 2012

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, ataupun petunjuk untuk hidup di dunia. Yang dimaksud dengan pendapat atau pertimbangan adalah hasil dari pemikiran-pemikiran manusia yang berdasarkan pengalaman menurut waktu dan tempat hidupnya. Jadi, pandangan hidup tidaklah muncul atau timbul begitu saja dalam sekejap mata dan dalam waktu singkat, akan tetapi, pandangan hidup memerlukan waktu yang lama.

MACAM PANDANGAN HIDUP MENURUT ASALNYA
a.     Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
b.     Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
c.      Pandangan hidup yang hasil dari sebuah renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

CITA-CITA
Pengertian cita-cita menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada di dalam pikiran. Dengan kata lain, cita-cita merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan datang.  

KEBAJIKAN
Adalah perbuatan yang mendatangkan kebaikan, pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.

FAKTOR YANG  MENENTUKAN  TINGKAH  LAKU  TIAP  ORANG
1.     Pembawaan ( heriditas)
Adalah sikap dan sifat yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih berada di dalam kandungan. Heriditas seseorang tidak akan sama dengan heriditas yang dimiliki oleh orang lain, bahkan manusia yang kembar identik sekalipun tidak akan mempunyai heriditas yang sama.
2.     Lingkungan (environment)
Faktor ini adalah faktor yang membentuk seseorang, membentuk karakter seseorang, lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama yang akan ditemui seseorang ketika ia lahir ke dunia.
3.     Pengalaman
Faktor yang terakhir ini juga sangat penting untuk membangun tingkah laku seseorang.  Tidak peduli pengalaman pahit sekalipun yang sifatnya negatif, maupun pengalaman manis yang sifatnya positif , pasti kedua macam pengalaman tersebut akan memberikan bekal yang sangat berharga untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum mengambil tindakan di masa depan.   

USAHA / PERJUANGAN
Adalah kerja keras yang harus dilakukan manusia untuk dapat mewujudkan cita-citanya. Tanpa adanya usaha/perjuangan, manusia tidak dapat hidup dengan sempurna karena segala sesuatu yang dilakukan manusia di bumi ini haruslah menggunakan usaha/perjuangan.     

KEYAKINAN / KEPERCAYAAN
Adalah pedoman atau pegangan hidup seseorang untuk menjalankan hidupnya yang berasal dari akal pikiran atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution, terdapat 3 aliran filsafat yaitu aliran naturalism, aliran intelektualisme, dan aliran gabungan.  



1.     Aliran Naturalisme
Aliran naturalisme mempunyai inti spekulasi, mungkin ada Tuhan mungkin juga tidak ada Tuhan, jawabannya adalah keyakinan.
 Jika seseorang yakin akan keberadaan Tuhan, maka Tuhan itu ada, tetapi jika seseorang tidak mempunyai keyakinan bahwa Tuhan itu ada, maka Tuhan itu tidak ada.
2.     Aliran Intelektualisme
Adalah aliran yang berdasarkan logika/akal. Manusia mengutamakan akal, dengan akal manusia dapat berpikir mana yang menurut akal adalah baik, maka itu baik walaupun bertentangan dengan hati nurani.
3.      Aliran Gabungan
Dasar aliran ini adalah kekuatan gaib dan juga akal. Apabila kedua aliran ini dikaitkan dengan pandangan hidup, maka akan timbul hubungan yang cukup signifikan karena pandangan hidup tidak lepas dari aliran naturalisme dan aliran intelektualisme.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu