Senin, 30 April 2012

MANUSIA DAN PENDERITAAN


MANUSIA DAN PENDERITAAN

PENDERITAAN
Penderitaan adalah merasakan  sesuatu yang dianggap tidak menyenangkan atau cenderung ke perasaan tersakiti.  Penderitaan yang dialami oleh manusia mencakup penderitaan lahir atau batin atau lahir batin. Sebenarnya, Penderitaan adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Sansakerta Dhra yang mempunyai arti menahan atau menanggung. Sesungguhnya apa yang disebut dengan penderitaan adalah hal yang relative. Apa yang dimaksud dengan relatif ??? begini kurang lebih  ceritanya,  tingkat-tingkat penderitaan yang dialami oleh seorang manusia  adalah bermacam-macam, ada penderitaan yang berat dan ada juga penderitaan yang ringan. Disinilah letak kenapa saya bisa beranggapan bahwa penderitaan adalah sesuatu yang relatif. Bagi beberapa orang suatu masalah adalah penderitaan  namun bagi beberapa orang lain sisanya masalah tersebut bukanlah sebuah masalah.  

SIKSAAN
Siksaan adalah segala sesuatu yang dianggap siksaan badan atau siksaan jasmani, bisa juga disebut siksaan jiwa atau siksaan rohani.  Siksaan merupakan salah satu penyebab dari terjadinya penderitaan seseorang. Pada zaman sekarang ini, makin hari makin banyak tindak kekerasan yang terjadi, yang dinamakan tindak kekerasan pastilah menggunakan siksaan. Tidak hanya media cetak saja yang menulis Headline berita dengan berita siksaan yang terjadi di Ibukota, media elektonikpun ikut menyumbang informasi tentang tindak-tindak kekerasan yang terjadi. 

KEBIMBANGAN
Kebimbangan adalah suatu perasaan yang timbul akibat terjadinya pertempuran hati. Maksudnya adalah tidak dapat atau susah menentukan sebuah pilihan. Sebagai contoh saja untuk orang yang sedang mengalami kebimbangan, ia bimbang apakah ia harus pergi kerumah pacarnya atau tidak.

KESEPIAN
Kesepian adalah sebuah perasaan yang timbul dari suasana hati yang sepi walaupun ia sedang di dalam keramaian. Kesepian dan sepi adalah 2 hal yang jauh berbeda. Perbedaannya adalah kalau kesepian adalah perasaan sepi walau di dalam keramaian, sedangkan sepi adalah sunyi, tidak ada siapa-siapa dan tidak terjadi apa-apa.
KETAKUTAN
Ketakutan adalah sebuah perasaan yang menyebabkan seseorang yang mengalami perasaan ini akan mengalami siksaan batin. Phobia adalah sebuah ketakutan kepada suatu hal atau beberapa hal yang sering dialami oleh manusia, seperti phobia jika memegang uang kertas, phobia terhadap kegelapan, phobia terhadap binatang,dan lain-lain.

SEBAB – SEBAB YANG MENGAKIBATKAN SESEORANG MENJADI KETAKUTAN
a.     Claustrophobia dan Agoraphobia.
Claustrophobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup. Sedangkan agoraphobia adalah ketakutan yang disebabkan seseorang berada di tempat terbuka.
b.     Gamang.
Merupakan ketakutan yang disebabkan seseorang berada di tempat yang tinggi.
c.      Kegelapan.
Adalah suatu ketakutan yang disebabkan karena ia berada di tempat yang gelap.
d.     Kesakitan.
Adalah ketakutan yang disebabkan oleh rasa sakit yang dialami oleh seseorang.
e.      Kegagalan.
Adalah ketakutan seseorang yang disebabkan karena merasa bahwa apapun yang akan dijalankan mengalami kegagalan.



KEKALUTAN MENTAL
Adalah gangguan kejiwaan yang diakibatkan oleh ketidakmampuan seseorang menghadapi suatu masalah yang harus segera diatasi, hal ini menyebabkan orang tersebut bertingkah secara kurang wajar. Dalam ilmu psikologi kekalutan mental adalah penderitaan batin.    
BENTUK-BENTUK FRUSTASI
1.     Agresi : kemarahan yang meluap-luap akibat emosi yang tidak terkendali dan secara fisik memacu terjadinya Hypertensi atau tekanan darah tinggi atau bahkan dapat mengakibatkan terjadinnya tindakan-tindakan sadis yang dapat membahayakan orang sekitarnya.
2.     Regresi : kembali kepada pola reaksi primitif atau kekanak-kanakan atau infantil.
3.     Fiksasi : pembatasan pada satu pola yang sama (tetap), contohnya membisu.
4.     Proyeksi : melemparkan kelemahan dan sikap-sikap sendiri yang negatif pada orang lain.
5.     Identifikasi : menyamakan diri dengan seseorang yang sukses dalam imaginasinya.
6.     Narsisme : aadalah self love yang terlalu berlebihan. Artinya mencintai diri sendiri yang terlalu berlebih.
7.     Autisme : adalah gejala menutup diri secara total dari dunia riil, tidak mau berkomunikasi dengan orang lain siapapun itu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu