Selasa, 27 Maret 2012

MANUSIA DAN KEINDAHAN


Dalam tema kali ini saya akan membahas tentang manusia dan keindahan serta hubungan-hubungan yang menyangkut pada keduanya. Untuk pengertian dari manusia sudah saya jelaskan cukup detail pada bahasan sebelumnya.

Keindahan, keindahan yang berasal dari kata indah yang mempunyai arti yaitu enak dilihat, elok, nyaman dipandang dengan mata telanjang, dan sebagainya. Kata keindahan adalah bukan ditentukan oleh rumus, satuan, dan keindahan tidak dapat ditakar atau dinilai oleh perseorangan saja, melainkan keindahan dapat dinilai melalui masing-masing imajinasi yang terdapat pada otak manusia, intinya keindahan adalah abstrak dan abstrak adalah keindahan.

Keindahan merupakan sesuatu yang relatif, arti dari keindahan adalah relatif yaitu jika seseorang melihat sesuatu, seumpama ia melihat pemandangan puncak dengan pohon-pohon teh yang sedang ingin dipanen, lalu ia mengatakan bahwa pemandangan tersebut adalah indah. Itu hanya merupakan pandangan dari orang tersebut, tetapi ada orang lain yang mengatakan bahwa pemandangan tersebut adalah pemandangan yang biasa-biasa saja dan ia merasa pemandangan itu tidaklah indah. Inilah yang dimaksud dengan keindahan itu bersifat relatif, yang artinya bagi satu orang sesuatu itu adalah indah tetapi belum tentu menurut orang lain sesuatu itu indah.

Mengenai hubungan-hubungan apa saja yang terdapat antara manusia dan keindahan sangatlah banyak. Salah satu contoh yang akan saya ambil mengenai hal ini adalah manusia itu indah diantara makhluk hidup yang lainnya.

Maksud dari manusia itu indah diantara makhluk hidup yang lainnya adalah, Allah Swt menciptakan manusia dari tanah dengan bentuk yang sempurna diantara makhluk hidup yang lainnya, ditambah lagi manusia diberikan satu keunggulan lagi oleh Allah Swt yaitu akal sehat. Manusia diciptakan dengan bentuk yang sangat sempurna dan terlihat indah dipandang mata. Manusia diberi anugerah dua buah mata, dua buah telinga, dua buah tangan dan kaki, kepala, dan lain-lain, semua itu dirasa sangat memenuhi kriteria keindahan disamping memang Allah Swt menciptakan manusia dengan segala keindahannya.  






Meskipun manusia telah diciptakan dengan bentuk yang sempurna sehingga menciptakan keindahan, namun ada juga manusia yang mencoba untuk memperindah lagi dirinya dengan berbagai macam cara. Diantarannya adalah merajah kulitnya atau popular disebut tato, atau ada pula dengan mengecat/manggambar pada tubuh dari manusia tersebut atau lebih terkenal dengan istilah body painting.  

Istilah tato sendiri sudah cukup lama masuk ke negara Indonesia. Tato merupakan seni merajah kulit dengan tinta, cara pengerjaannya adalah dengan dirajah atau ditusuk ke dalam kulit manusia. Banyak gambar atau tulisan yang dapat dirajah atau ditato ke dalam kulit manusia.  Inilah salah satu hubungan yang timbul antara manusia dengan keindahan. Dimana para manusia mencoba untuk lebih memperindah bentuk atau tampilan dari tubuh mereka dengan cara mentato.  

Yang kedua adalah body painting. Body painting adalah salah satu bentuk seni yang bertujuan untuk memperindah tampilan dari bentuk tubuh seorang manusia. Asal kata body painting adalah body dan painting, body yang artinya badan atau tubuh, sedangkan painting artinya adalah mewarnai atau melukis. Jadi, body painting berarti seni melukis atau mewarnai tubuh. Media yang digunakan untuk mengerjakan seni ini adalah tubuh dari seorang manusia, cat atau bahan pewarna lainnya, dan alat lukis seperti kuas dan sebagainya.  Biasannya dari kebanyakan orang yang melakukan seni body painting ini adalah dari kalangan wanita.  Inilah salah satu dari sekian banyak hubungan yang dapat diambil dari manusia dan keindahan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu