Selasa, 27 Maret 2012

PENGERTIAN DAN TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan dan pengertian yang membahas masalah-masalah yang terjadi antara manusia dan budaya.  Ilmu budaya dasar mempunyai asal kata atau inspirasi kata dari bahasa Inggris yaitu “Humanities”. Tetapi kata “Humanities” tersebut merupakan bahasa Latin sebagai awalnya yaitu Humnus yang berarti manusia. Jadi dengan adanya ilmu tersebut diharapkan kepada manusia agar menjadi lebih manusiawi dan membuat manusia lebih berbudaya.
Humanities berkaitan atau saling berhubungan dengan nilai-nilai manusia sebagai Homo Humanus atau dalam bahasa Indonesia yang artinya Manusia yang Berbudaya.  Untuk memnjadi manusia yang berbudaya manusia haruslah mempelajari tentang ilmu-ilmu yang terdapat pada Ilmu Budaya Dasar tanpa mengurangi kewajiban-kewajiban daripada manusia itu sendiri.
Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar bagi kehidupan manusia sangatlah penting. Sejak manusia mulai mengenal apa itu yang disebut budaya, mereka terus dan terus menggali tentang apa-apa saja yang berhubungan dan akan berhubungan dengan hal apa saja budaya tersebut. Sejak saat itu pulalah manusia mulai mengenal manfaat dari budaya itu sendiri.
Sebagai mahasiswa, saya mendapatkan banyak manfaat akan keberadaan budaya. Yang namanya budaya itu bukanlah hanya sekedar budaya daerah atau budaya nenek moyang kita terdahulu, melainkan arti budaya lebih menjurus kepada kebiasaan – kebiasaan seorang manusia atau beberapa kelompok manusia yang telah terjadi selama masa lalu hingga beberapa waktu yang tidak akan pernah  bisa ditentukan.
Salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh beberapa orang khususnya oleh seorang mahasiswa adalah  ia dapat menyesuaikan diri antara dirinya dengan lingkungannya yang mau atau tidak mau akan menjadi kesehariannya kelak. Disamping itu terdapat banyak lagi manfaat yang akan didapat oleh para mahasiswa karena mempelajari  ilmu budaya dasar, yaitu  mahasiswa dapat memperluas pandangan mereka tentang hubungan antara manusia dengan budaya. Tujuan selanjutnya adalah ilmu budaya dasar dapat membimbing para mahasiswa agar dapat bersikap kritis dalam menanggapi masalah-masalah yang timbul dari hubungan antara manusia dengan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu