Kamis, 29 Desember 2011

TULISAN ISD 8 : IPTEK DAN KEMISKINAN

Dalam bahasan kali ini saya akan menjelaskan dan memberikan contoh tentang Iptek dan Kemiskinan yang terjadi di Indonesia. Iptek atau ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu terobosan kemajuan yang dialami oleh manusia di bumi ini. Teknologi mempunyai arti alat-alat atau cara-cara yang dilakukan oleh manusia untuk memudahkan kegiatan manusia sehari-hari. Iptek di Indonesia bisa dibilang sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat dalam beberapa waktu terakhir. Mulai dari perkembangan telepon seluler atau ponsel, dari ponsel yang mempunyai ukuran yang cukup besar, sampai saat ini telah ada ponsel yang hanya setipis papan tripleks. Ini merupakan satu dari sekian juta teknologi yang telah diciptakan manusia untuk memudahkan kegiatan sehari-hari nya.

Selain ponsel, saya akan memberikan contoh lain atas perkembangan teknologi yang ada di dunia. Yaitu pesawat terbang. Dahulu kala, untuk dapat terbang, adalah salah satu impian terbesar yang ada di dalam benak manusia. Setelah berbagai alat yang diciptakan manusia untuk mewujudkan impian terbangnya, akhirnya manusia menemukan atau lebih tepatnya menciptakan alat apa yang sekarang kita sebut dengan pesawat terbang. Memang sudah sifat manusia yang tidak pernah merasa puas, setelah manusia dapat mewujudkan impiannya untuk terbang selanjutnya manusia berpikir dan berusaha untuk menciptakan pesawat terbang dengan kemampuan mengangkut yang lebih banyak, yang berguna untuk mengangkut orang-orang atau barang-barang dari satu tempat ke tempat lain, maka manusia menciptakan pesawat terbang kargo dan pesawat terbang komersial.

Setelah berhasil menciptakan pesawat terbang dengan kemampuan angkut yang lebih banyak, manusia ingin menciptakan pesawat terbang dengan kemampuan yang mutakhir, salah satu nya adalah pesawat terbang dengan kecepatan yang luar biasa, salah satu jenis pesawat tersebut bernama Concorde. Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan melebihi dari kecepatan suara. Dan sekali lagi, manusia berhasil akan impiannya. Setelah puas dengan  pesawat terbang super cepat, manusia menciptakan pesawat terbang mata-mata atau Spy Airplane, jenis pesawat terbang ini sejauh yang saya tahu, diciptakan oleh 3 negara maju di dunia yaitu, USA, Rusia, dan Jerman. Salah satu kemampuan yang ada dalam pesawat terbang super canggih ini adalah pesawat terbang ini adalah pesawat tanpa awak atau pesawat terbang yang dikendalikan sepenuhnya dari jarak jauh, selain itu pesawat terbang ini mempunyai kemampuan untuk menghilang dari radar, dan yang pasti pesawat terbang ini berorientasi pada armada perang.



Setelah membahas tentang kemajuan iptek di dunia, selanjutnya saya akan membahas tentang kemiskinan yang dialami oleh beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Untuk negara kita tercinta ini, Indonesia, tingkat kemiskinan nya semakin tahun semakin bertambah. Salah satu factor yang mempengaruhi kemiskinan di Indonesia ini adalah lapangan pekerjaan yang kian tahun kian menyempit. Sebenarnya, Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam nya. Sebagai bukti, negara Indonesia adalah negara nomor satu di dunia yang paling banyak spesies ikan yang ada di lautan. Selain itu, dahulu kala, Indonesia adalah paru-paru dunia. Terdapat banyak sekali hutan-hutan lebat yang terbentang dari Sabang sampai Marauke.

Akan tetapi, seiring dengan kebodohan-kebodohan yang dilakukan manusia terhadap alam hutan di Indonesia, dengan pembabatan liar yang dilakukan di hampir semua wilayah hijau yang ada di Indonesia, tentu saja berakibat hutan-hutan kita menjadi gundul semua. Negara Indonesia memang kaya akan sumber daya alam nya, tetapi miskin akan sumber daya manusian nya. Ini yang menjadi perebutan lapangan kerja antara orang Indonesia asli dengan orang asing yang dengan kemampuannya mengolah sumber daya alam Indonesia. Ini yang menjadi salah satu factor kemiskinan yang merajalela di Indonesia.

Disamping kemiskinan di Indonesia, terdapat negara-negara dengan tingkat kemiskinan yang jauh lebih tinggi dibanding dengan Indonesia. Salah satunya adalah negara-negara di benua Afrika. Negara- negara di benua ini sesungguhnya kaya akan sumber daya alam nya, salah satunya adalah kaya akan emas nya. saya kurang paham factor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemiskinan di negara-negara benua Afrika ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu