Senin, 30 April 2012

MANUSIA DAN KEADILAN


MANUSIA DAN KEADILAN

PENGERTIAN KEADILAN
Menurut Aristoteles, keadilan adalah kelayakan dalam hal tindakan manusia. Yang dimaksud dengan kelayakan adalah titik tengah di antara kedua ujung yang ekstrim yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Tetapi, secara umum keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang atau sesuai dengan porsinya antara hak dan kewajiban, atau dengan kata lain keadilan adalah keadaan di mana setiap orang memperoleh apa yang menjadi hak nya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama.
KEADILAN SOSIAL
Keadilan Sosial adalah sebuah keadaan di mana dalam keadaan itu terdapat keseimbangan atau kesamaan dalam bentuk apapun yang terjadi di dalam lingkungan sosial atau bisa dikatakan  keadilan sosial adalah keadilan yang sesuai dengan porsinya. Porsi di sini mengandung arti ukuran. Jadi setiap orang atau warga negara berhak untuk mendapatkan keadilan yang sesuai dengan ukurannya masing-masing.
Sesuai dengan sila ke 5 Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dalam sila tersebut  bermakna atau mengandung arti bahwa tiap-tiap warga negara Indonesia  akan mendapat perlakuan yang adil dalam bidang hukum, politik, ekonomi, dan kebudayaan. Tetapi seperti yang bisa dilihat di berbagai media massa, apakah di Indonesia sudah benar-benar menerapkan atau mempraktekkan apa itu yang disebut keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ???  atau memang sudah diterapkan tetapi tidak sesuai dengan ketentuan yang ada alias keluar dari jalur ??? tentunya anda bisa menjawabnya.

MACAM-MACAM KEADILAN
a.     Keadilan Legal atau Keadilan Moral
Dalam suatu masyarakat yang adil, setiap orang menjalankan pekerjaan yang menurut sifat dasarnya paling cocok baginya atau  ( Than man behind the gun ).

b.     Keadilan Distributif
Keadilan aka terlaksana dengan baik jika hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama secara tidak sama ( justice is done when equals are treated equally ).
c.      Keadilan Komutatif
Keadilan yang mempunyai tujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum.

KEJUJURAN
Kejujuran atau jujur adalah apa yang dikatakan seseorang nilainya atau faktanya adalah benar-benar terjadi. Kejujuran bukanlah apa yang dikatakan seseorang sesuai dengan hati nuraninya, karena hati nurani belum tentu mengatakan kebenaran.
Orang yang bodoh sekalipun bila ia mengatakan sesuatu yang jujur ia lebih baik daripada orang yang pandai tetapi dusta. Untuk mengatakan sesuatu yang jujur memanglah tidak mudah, dibutuhkan apa itu yang dinamakan kesadaran moral, yang dimaksud dengan kesadaran moral adalah kesadaran  tentang diri kita sendiri karena kita melihat diri kita sendiri sedang berhadapan dengan hal yang paling buruk.

KECURANGAN
Kecurangan adalah tindakan tidak jujur atau ketidakjujuran. Kecurangan dapat mengakibatkan seorang manusia menjadi serakah, tamak, merasa paling hebat, dan merasa senang bila orang-orang sekitarnya menderita.    
ASPEK-ASPEK PENYEBAB ORANG MELAKUKAN KECURANGAN
1.     Aspek ekonomi.
2.     Aspek kebudayaan.
3.     Aspek peradaban.
4.     Aspek tekhnik.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Sample Text

Blogger templates

Pages - Menu