Terdapat banyak teori
mengenai arti dari organisasi, diantarannya dikemukakan oleh beberapa tokoh
sebagai berikut :
1. Menurut Stoner, organisasi mempunyai arti suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer dalam mencapai tujuan bersama.
1. Menurut Stoner, organisasi mempunyai arti suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer dalam mencapai tujuan bersama.
2.
Menurut James D. Mooney, organisasi mempunyai arti bentuk
setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.
Menurut Chester I. Bernard, organisasi menpunyai arti suatu
sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Pada
intinya, organisasi adalah wadah, tempat atau sarana untuk berkumpulnya
sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, yang kemudian mengorganisasikan
diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuan yang akan mereka
capai. Sudah menjadi dasar dari manusia
yang berperan sebagai makhluk sosial, manusia sudah pasti memerlukan bantuan
dari orang lain apapun itu bentuknya.
Tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang hidup seorang diri, manusia
perlu orang lain untuk menjalani hidupnya.
Dari
alasan tersebut dapat disimpulkan bahwa manusia yang pada dasarnya tidak dapat
hidup seorang diri, maka mereka dalam arti manusia kerap berkumpul dan
membentuk kelompok yang disebut organisasi. Contoh dasar dari organisasi adalah
kerajaan, negara, perusahaan dan keluarga. Keluarga merupakan organisasi
terkecil yang pertama kali dikenal oleh manusia sejak mereka lahir ke dunia.
Tidak hanya contoh-contoh organisasi di atas yang telah disebutkan sebelumnya,
bahwa, organisasi kejahatan pun intinya pada dasarnya merupakan sebuah
organisasi karena mereka berkumpul bersama-sama dan mempunyai tujuan yang sama
pula.
Terdapat
banyak motivasi atau hal-hal yang mendorong seseorang untuk masuk atau
bergabung dengan sebuah organisasi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Organisasi sering digunakan untuk memecahkan masalah-masalah. Maksudnya adalah, dalam sebuah organiasasi terdapat beberapa masalah yang timbul baik itu dari dalam maupun dari luar organisasi tersebut, nah, jika yang namanya organisasi sudah pasti terdapat beberapa orang di dalamnya, dengan mendiskusikannya atau bertukar pendapat antar sesama angota organisasi tersebut semua permasalahan-permasalahan yang ada akan terpecahkan.
1. Organisasi sering digunakan untuk memecahkan masalah-masalah. Maksudnya adalah, dalam sebuah organiasasi terdapat beberapa masalah yang timbul baik itu dari dalam maupun dari luar organisasi tersebut, nah, jika yang namanya organisasi sudah pasti terdapat beberapa orang di dalamnya, dengan mendiskusikannya atau bertukar pendapat antar sesama angota organisasi tersebut semua permasalahan-permasalahan yang ada akan terpecahkan.
2.
Organisasi dapat mencegah kesepian dan
kerenggangan. Maksudnya adalah, manusia sebagai
makhluk sosial membutuhkan orang lain di alam hidupnya, termasuk untuk mengusir
rasa sepi yang menyerang manusia tersebut. Jika manusia berkumpul atau
membentuk sebuah organisasi, maka mereka tidak akan pernah kesepian karena
terdapat banyak orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam organisasi
tersebut.
3.
Organisasi dapat memberikan bantuan pada saat kesusahan atau memiliki masalah.
Maksudnya adalah, dalam organisasi terdapat orang-orang yang memiliki tujuan
yang sama dan sudah tentu sebagai
manusia tidak pernah lepas dari dari kesusahan atau masalah. Biasanya, dalam
organisasi terdapat sebuah sistem yang disebut dengan iuran, yaitu uang yang
dikumpulkan oleh masing-masing anggota dari organisasi itu sendiri dan iuran
bisa diadakan harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Tujuan dari diadakannya iuran tersebut adalah
untuk pengelolaan dari organisasi itu sendiri atau bisa digunakan untuk
membantu anggota yang sedang mengalami masalah khususnya masalah keuangan.
KOMPONEN
ORGANISASI
Terdapat beberapa
komponen atau bagian-bagian yang membentuk sebuah organisasi , diantaranya
adalah :
1. Tujuan. Merupakan motivasi, sasaran, maksud, tujuan, atau misi yang akan dicapai dalam rentang waktu tertentu diantaranya adalah tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah, dan tujuan jangka panjang.
1. Tujuan. Merupakan motivasi, sasaran, maksud, tujuan, atau misi yang akan dicapai dalam rentang waktu tertentu diantaranya adalah tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah, dan tujuan jangka panjang.
2.
Struktur. Merupakan susunan dari komponen-komponen (unit-unit
kerja) dalam sebuah organisasi. Struktur
organisasi menunjukkan keberadaan pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana
fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda diintegrasikan atau
dikordinasikan. Struktur organisasi sangatlah penting untuk dapat dimengerti
oleh semua komponen untuk menciptakan sistem kerja yang efisien dan efektif.
Disamping itu, struktur organsiasi juga menggambarkan hubungan organisasi
secara internal maupun eksternal.
3.
Sistem. Merupakan peraturan-peraturan yang merefleksikan
kepentingan-kepentingan organisasi. Sistem
pada organisasi dapat berupa anggaran dasar, anggaran rumah tangga,
peraturan khusus, prosedur dan peraturan-peraturan lainnya. Sistem dari sebuah organisasi terbagi dalam
beberapa komponen penyusun yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu :
- Input
- Input
- Proses
-Output
- Feedback
sumber : http://www.anneahira.com/pengertian-organisasi.htm
sumber : http://www.anneahira.com/pengertian-organisasi.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar